1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

infobisnis890

infobisnis890   , 30

from Alix

Statistics

Tugas Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Di dalam Wirausaha

Di era sekarang berikut di mana industri kian berkembang & kompetisi dagang antar industri yang merupakan produk serupa semakin tinggi, di situ kita setuju dengan istilah “may the best wins” (hanya yang terbaiklah yang akan unggul). Satu diantara bukti bahwa unik produk merupakan yang terbaik di bidangnya adalah dengan memilikinya pengakuan dari warga atau kualitas uni barang atau saham tertentu atau “brand recognition”. Pengakuan ini tidaklah semata-mata tampak, namun harus oleh proses panjang secara merupakan suatu komitmen keras dari getah perca stakeholder dengan beraneka ragam strategi yang itu miliki dengan disertai bukti berupa impak nyata yang mampu diterima dan diakui oleh masyarakat.

Strategi-strategi tersebut di antaranya meliputi inovasi-inovasi di sudut pandangan teknologi dalam menciptakan suatu inovasi rakitan, yaitu menciptakan komoditas yang belum pernah ada sebelumnya ataupun melengkapi / menyempurnakan produk yang telah terdapat. Inovasi sebagai sebuah strategi tersebut adalah buah pemikiran atau bisa disebut serupa suatu karya psikis yang merupakan tabungan intelektual (intellectual property) atau biasa disebut sebagai Hak Kekayaan Intelektual / HKI (Intellectual Property Right) yang harus dilindungi.

Perlindungan terhadap Konsultan Hak Kekayaan Intelektual itu tidak lepas mulai adanya upaya daripada Pemerintah dalam menanggung perlindungan terhadap sidik kekayaan intelektual tersebut melalui perangkat patokan yang kuat, di antaranya terdapat Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten serta Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek. Selain tersebut terdapat pula Undang-Undang lainnya yang mengurus tentang Rahasia Kulak; Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu; Desain Usaha dan Undang-Undang Hak Cipta. Kuat disini dalam arti mempunyai “daya paksa” bercorak sanksi pidana maupun perdata terhadap suatu pelanggaran. Kepastian norma yang menjamin asilum atas aset-aset simpanan intelektual akan mengompori industri-industri untuk langsung mengembangkan diri menjalani inovasi-inovasinya yang tentunya akan meramaikan rekan industri lokal pribumi untuk bersaing beserta produk-produk dari luar negeri.

Walaupun kita setuju bahwa uni kreasi berupa hasil / invensi dengan berasal dari tilikan manusia adalah bukan terbatas, dalam warna perlindungan HKI tersebut justru jelas-jelas ada batasan-batasan yang transparan antara suatu pengembangan dari teknologi atau karya cipta sebelumnya dengan penjiplakan. Taktik ini yang acap dijadikan dalih hisab suatu industri, yaitu dengan alasan kalau produk miliknya ini merupakan hasil penjelasan dari kekayaan moral yang ada sebelumnya - padahal tidak; atau beralasan dgn itikad baik - padahal sebenarnya ada intention (niat) / “bad faith” yang sangat jelas di sini yaitu untuk menumpang ketenaran suatu mutu, karya cipta atau teknologi pihak unik untuk keuntungan bisnisnya. Pelaku-pelaku tersebut gak memikirkan atau mempedulikan akibat lebih jauh dari perbuatan cerdik yang mereka lakukan, yang mana sesuatu itu sangat mubazir para pemilik / pemegang HKI sesungguhnya. Lebih buruk juga, masyarakat dalam taktik ini pasar hendak mengasosiasikan suatu produk hasil duplikasi ityu dengan produk-produk ASLI yang sudah terdapat sebelumnya.

6137428733687439260.jpg

Tidak ada taktik baik yang hendak terjadi dalam pasal duplikasi ini. Jika suatu hasil duplikasi tersebut mempunyai kualitas baik, maka dia tetap mendompleng seri atau ketenaran produksi sebelumnya, namun apabila ternyata karya dupikasi tersebut mempunyai mutu atau hasil dengan buruk, bahkan hingga dapat membahayakan ketenteraman atau keselamatan khalayak, misalnya, maka taktik tersebut dapat menghapuskan reputasi baik mulai industri jujur dengan dimiliki oleh pencedok HKI sebenarnya.