1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

infokes

infokes   , 27

from Prestonsburg

Statistics

Penyebab dan gejala nyeri haid atau PMS

Penyebab dan gejala nyeri haid atau PMS - Premenstrual syndrome (PMS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi emosi, kesehatan fisik, dan perilaku wanita selama hari-hari tertentu dari siklus menstruasi, umumnya sebelum menstruasi. PMS adalah kondisi yang sangat umum. Gejalanya mempengaruhi hingga 85 persen wanita yang sedang haid. Ini harus mengganggu beberapa aspek kehidupan Anda bagi dokter Anda untuk mendiagnosa Anda.

Penyebab dan gejala nyeri haid atau PMS

Gejala PMS mulai lima sampai 11 hari sebelum menstruasi dan biasanya hilang begitu menstruasi dimulai. Penyebab PMS tidak diketahui. Namun, banyak peneliti percaya bahwa hal itu terkait dengan perubahan kadar hormon seks dan serotonin pada awal siklus menstruasi.


Kadar estrogen dan progesteron meningkat pada waktu-waktu tertentu dalam sebulan. Kenaikan hormon ini dapat menyebabkan perubahan mood, kecemasan, dan mudah tersinggung. Steroid ovarium juga memodulasi aktivitas di bagian otak Anda yang terkait dengan gejala pramenstruasi.

Tingkat serotonin mempengaruhi mood. Serotonin adalah zat kimia di otak dan usus yang mempengaruhi suasana hati, emosi, dan pikiran Anda.

Faktor risiko sindrom pramenstruasi meliputi:

  • Riwayat depresi atau gangguan mood, seperti depresi pascamelahirkan atau gangguan bipolar
  • Riwayat keluarga PMS
  • Riwayat depresi keluarga
  • kekerasan dalam rumah tangga
  • Penyalahgunaan zat
  • Trauma fisik
  • Trauma emosional


Kondisi terkait meliputi:

  • Dismenore
  • Gangguan depresi mayor
  • gangguan afektif musiman
  • Gangguan kecemasan umum
  • skizofrenia


Gejala PMS


Siklus menstruasi seorang wanita berlangsung rata-rata 28 hari. Ovulasi, periode ketika telur dilepaskan dari ovarium, terjadi pada hari ke 14 dari siklus. Menstruasi, atau perdarahan, terjadi pada hari ke 28 dari siklus. Gejala PMS bisa dimulai sekitar hari ke 14 dan berlangsung sampai tujuh hari setelah dimulainya menstruasi.

Gejala PMS biasanya ringan atau sedang. Hampir 80 persen wanita melaporkan satu atau lebih gejala yang tidak mempengaruhi fungsi sehari-hari secara substansial, menurut jurnal American Family Physician. Dua puluh sampai 32 persen wanita melaporkan gejala sedang sampai parah yang mempengaruhi beberapa aspek kehidupan. Tiga sampai 8 persen melaporkan PMDD.

  • Kapan harus ke doktermu


Temui dokter Anda jika sakit fisik, perubahan suasana hati, dan gejala lainnya mulai mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari, atau jika gejala Anda tidak hilang. Diagnosis dibuat bila Anda memiliki lebih dari satu gejala rekuren dalam kerangka waktu yang benar yang cukup parah sehingga menyebabkan kerusakan dan tidak ada antara menstruasi dan ovulasi.

Dokter Anda mungkin bertanya tentang riwayat depresi atau gangguan mood pada keluarga Anda untuk mengetahui apakah gejala Anda disebabkan oleh PMS atau kondisi lain. Beberapa kondisi, seperti IBS, hipotiroidisme, dan kehamilan, memiliki gejala yang mirip dengan PMS. Dokter Anda mungkin melakukan tes hormon tiroid untuk memastikan kelenjar tiroid Anda bekerja dengan benar, tes kehamilan, dan mungkin pemeriksaan panggul untuk memeriksa masalah ginekologi.

Menjaga catatan harian gejala Anda adalah cara lain untuk menentukan apakah Anda memiliki PMS. Gunakan kalender untuk melacak gejala dan menstruasi Anda setiap bulan. Jika gejala Anda mulai sekitar waktu yang sama setiap bulan, PMS kemungkinan besar penyebabnya.

Penyebab dan gejala nyeri haid atau PMS

Baca juga : Cara melancarkan haid

Labels: