1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

ingridfadila

ingridfadila   , 22

from Sidney

Statistics

Musim Hujan Telah Tiba, Jaga Kesehatan Anak Anda dengan 5 Tips Ini!

6504182038202647870.jpg

 

Penghujung tahun telah datang, itu artinya Indonesia masih mengalami musim hujan. Di musim hujan seperti sekarang, banyak penyakit yang bermunculan. Udara lembap memudahkan virus dan bakteri tumbuh dan berkembang. Tidak heran jika si Kecil jadi lebih rentan terserang berbagai penyakit di musim hujan. Untuk itu, ikuti 5 tips bagaimana menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan!

1.      Awasi saat Bermain

Anak-anak biasanya selalu bersemangat saat hujan turun. Boleh sekali-kali membiarkan anak untuk bermain diluar hujan, tetapi harus tetap Anda awasi. Jangan biarkan anak bermain di genangan air atau tempat yang berlumpur. Karena area tersebut adalah tempat virus dan bakteri berkembang.

2.      Higienis

Di hari-hari seperti biasa saja Anda harus higienis, apalagi pada musim hujan. Setelah anak bermain diluar dengan hujan, sebaiknya ajak anak untuk segara mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Karena penyakit dapat dengan mudah muncul ketika tubuh mengalami perubahan suhu, seperti kedinginan atau masuk angin.

Selain itu,biasakan anak Anda untuk selalu  mencuci tangan setiap ingin menyentuh objek apapun. Cucilah tangan dengan sabun disinfektan bukan hanya dengan air saja, agar kuman dan bakteri ditangan benar-benar hilang.

3.      Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sangat bermanfaat untuk anak Anda terlebih saat musim hujan. Banyaknya genangan air menyebabkan perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jika tidak dicegah, si Kecil bisa terserang penyakit akibat gigitan nyamuk seperti Malaria, Demam Berdarah, Virus Zika dan Demam Chikungunya. Penyakit tersebut tidak bisa disepelekan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

Untuk itu oleskan selalu minyak kayu putih setelah mandi atau sebelum tidur ke tubuh anak Anda. Selain untuk melindungi dari gigitan nyamuk, minyak kayu putih juga bisa menstabilkan suhu tubuh sehingga anak akan tidur lebih nyenyak dan nyaman.

4.      Pakailah Pakaian yang Hangat

Memakaikan si Kecil pakaian yang hangat juga salah satu tips untuk menjaga tubuhnya dari udara dingin di musim hujan. Gunakanlah jenis pakaian dengan bahan wol atau katun. Selain itu, jangan lupa untuk memakaikan selimut saat ia tidur agar tubuhnya tetap hangat.

5.      Berikan Nutrisi yang Tepat

Nutrisi yang tepat merupakan hal terpenting bagi daya tahan tubuh. Bila kurang nutrisi, daya tahan tubuh akan menurun. Sehingga penyakit akan lebih mudah masuk dan berkembang. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, berilah anak Anda pola makan sehat dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan air mineral atau susu.

Di musim hujan, vitamin C dan air mineral hangat sangat dibutuhkan karena selain berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Berilah anak Anda vitamin C dari berbagai jenis suplemen atau vitamin C dari sumber yang alami seperti buah jeruk atau kiwi.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar anak tetap terjaga kesehatannya saat musim hujan.