1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

klikbisnis773

klikbisnis773   , 45

from Syracuse Syracuse Amf

Show all Subscriptions (1)

Statistics

Penting Pendaftaran Merek untuk Juragan UMKM

Asilum Merek di Nusantara diatur di dalam Undang-Undang No 15 Tahun 2001. Didalam Undang-Undang Merek pada bab 1 ayat (1) dijelaskan bahwa sebutan adalah tanda yang berupa gambar, seri, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda serta digunakan dalam pelaksanaan perdagangan barang / jasa.

Didalam undang-undang merek, merek dibedakan menjadi dua orang yaitu merek kulak dan merek jasa. Adapun pengertian ke-2 jenis merek itu adalah:

1. Titel Dagang

http://pendaftaranmerekdagang.com adalah Merek yang digunakan pada kira-kira yang diperdagangkan per seseorang atau banyak diantara kita secara bersama-sama / badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.

2. Merek Jasa

Titel Jasa adalah Mutu yang digunakan di jasa yang diperdagangkan oleh seseorang ataupun beberapa orang secara bersama-sama atau badan pedoman untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis yang lain.

6137431617692781064.jpg

Pada pasal 3 Undang-Undang Merek disebutkan bahwa Hak untuk Merek adalah wewenang eksklusif yang diberikan oleh Negara mendapatkan pemilik Merek secara terdaftar dalam Sijil Umum Merek untuk jangka waktu tertentu beserta menggunakan sendiri Sebutan tersebut atau menganjurkan izin kepada sebelah lain untuk menggunakannya. Didalam pasal terkait dijelaskan bahwa Bentuk pendaftaran Merek yang dipakai di Nusantara adalah sistem konstitutif (aktif) sehingga pemilik merek terdaftar ialah sebagai pemegang hak merek (Hadi P, 2013). Sistem konstitutif dikenal dengan istilah sistem “First to File” (Evelina S, 2013). Didalam sistem konstitutif pendaftaran merek merupakan sebuah pikulan agar pemilik titel dapat memperoleh wewenang atas mereknya. Di dalam sistem ini tempat Indonesia pasti akan menjamin perlindungan merek yang telah terdaftar di dalam daftar umum sebutan. Sistem konstitutif berikut pada dasarnya akan mengambil setiap pemilik jual beli agar secara tangkas mendaftarkan merek kulak dan jasanya di Kantor HKI. Oleh sebab itu, kesadaran untuk mencantumkan merek para pengusaha Indonesia khususnya pelaku usaha UMKM kudu terus menerus disosialisasikan. Taktik ini penting semoga kiranya para pemilik merek bisa melindungi mereknya dari pembajakan pihak-pihak yang tidak masuk akal dan pemilik titel pun bisa memperbanyak mereknya sehingga bisa memperluas pasar elok pasar dalam negeri sekalipun pasar luar zona.

Selama ini, getah perca pengusaha UMKM lebih mementingkan berjualan terlebih dahulu dari saat mendaftarkan merek produk dan jasanya. Berlandaskan data, saat ini baru sekitar 25% dari 30 ribu UMKM yang ada di Kota Bandung yang telah mendaftarkan Hak Tabungan Intelektual (HKI). Angka tersebut tergolong masih rendah. Padahal, pendaftaran perlindungan HKI dalam bidang merek sangatlah penting (Tris Bintoro, 2013).

Masih rendahnya kesadaran para juragan UMKM untuk mencantumkan merek dagang dan jasanya ini super disayangkan sekali, karena pada akhirnya produk-produk usaha UMKM ini seringkali dijual tanpa merek dan produknya diperjual belikan meleset dengan menggunakan segel dagang dan servis pihak ke tiga. Hal ini tentu sangat merugikan kalau para pengusaha UMKM itu sendiri olehkarena itu mereka tidak meraih nilai tambah dari produk dan ladenan yang mereka perjual belikan.