1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

tagusahaoke

tagusahaoke   , 24

from Sabana Hoyos

Statistics

Teknik Menggunakan Social Media Bagi Promosi Bisnis

Promosi bisnis melalui saran dari mulut ke mulut (word of mouth) memang masih menjadi cara yang amat efektif. Orang cenderung lebih percaya pada saran dari teman atau orang yang dikenal. Tapi di era komputerisasi seperti sekarang metode berkomunikasi seperti ini lebih gampang dipersembahkan lewat social media. Menggunakan social media untuk kebutuhan bisnis tak boleh hanya tentang promosi (hard selling) saja. Seperti halnya bersosialisasi di dunia nyata, kita tak akan suka jika seorang sahabat cuma bicara soal promosi usahanya saja. Maka dari itu pembicaraan kita di social media juga patut variatif, kreatif, dan berguna bagi banyak orang. Konten yang menarik akan membikin suatu post di media social menjadi viral atau tersebar secara luas.

Sekarang ini jumlah social media makin banyak. Jumlahnya bisa menempuh ratusan laman di semua dunia. Masing-masing mempunyai karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Tentunya akan amat susah apabila kita wajib mengurus semacam itu banyak akun social media sekalian. Oleh karena itu kita patut pintar-mahir memilih yang sesuai dengan tujuan dan jenis usaha masing-masing.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e1/SMM_panel_hole.jpg

Berikut yaitu sebagian web social media yang banyak digunakan di Indonesia dan penerapannya untuk kepentingan bisnis.

1. Facebook

Facebook masih menjadi social media yang paling banyak diaplikasikan di Indonesia. Dikabarkan akhir tahun 2013 pengguna Facebook di Indonesia menempuh 60 juta orang lebih. Pengguna Facebook berbagai mulai dari anak remaja hingga dewasa muda, pria dan wanita, serta hampir segala kelompok social. Untuk keperluan promosi bisnis disarankan untuk membikin Facebook Fanpage daripada mengaplikasikan profil pribadi.

2. Twitter

Twitter dan Facebook ialah aplikasi social media yang paling banyak diunduh di gadget Android dan iOS. Beberapa orang menganggap keterbatasan Twitter dalam menampakkan posting dalam 140 huruf sebagai kekurangan tapi juga karakteristik Twitter dan keunikannya. Gunakan tweet singkat hal yang demikian sebagai acuan tautan menuju halaman artikel atau landing page yang lebih informatif.

3. Google+

Pengguna akun Gmail sesungguhnya secara otomatis telah mendapatkan akun Google+, sebab seluruhnya tergabung dalam 1 akun Google yang sama. Sesungguhnya Google+ bukan sekedar social media tapi sebagai platform yang terkoneksi secara luas dengan layanan Google lainnya seperti Google Maps, Gmail, YouTube, Blogger, dan sebagainya. Sayangnya di Indonesia jumlah pengguna aktif yang memanfaatkan Google+ masih belum sebanyak Facebook dan Twitter. Dikala ini Google+ lebih banyak diterapkan oleh kalangan techie dan profesional muda. Namun kedepannya potensi Google+ sebagai social media untuk promosi bisnis akan benar-benar besar memperhatikan kapasitas Google dan integrasi Google+ dengan layanan-layanan Google lainnya.

4. LinkedIn

6632473202031725278.jpg

LinkedIn adalah social media yang berorientasi pada bisnis, karir, dan tulisan info. Kini LinkedIn banyak diterapkan kalangan professional dan pekerja untuk saling memberi tahu kesimpulan dirinya. Untuk kepentingan bisnis, website ini sangat berkhasiat dalam mencari partner kerja dan menjangkau klien baru. Sebab segmentasi penggunanya tersebut, LinkedIn benar-benar berguna untuk promosi produk yang sifatnya B2B.

5. Instagram

Ini ini Instagram menjadi situs social media yang amat populer di kalangan si kecil muda, designer, dan penyuka fashion. Tentunya karena laman http://mastersosmed.co.id ini adalah social media untuk berbagi foto dan video. Jikalau bisnis anda memasarkan produk atau layanan yang bersifat visual maka Instagram menjadi alternatif yang baik untuk berpromosi. Semisal adalah produk baju, mainan si kecil, kreasi design, makanan, dan sebagainya.

6. YouTube

YouTube merupakan media online streaming video terbesar di dunia. YouTube menjadi media yang amat baik untuk kebutuhan branding. Untuk mengerjakan promosi yang efektif di YouTube, buatlah konten video yang menarik dan kreatif. Dengan perkembangan teknologi sekarang, pelaksanaan produksi video dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang sangat minim. Untuk meningkatkan audience dengan lebih maksimal dapat mengaplikasikan iklan YouTube. Banyak keunggulan dalam beriklan di YouTube dibandingkan dengan iklan broadcast di TV, diantaranya hasil yang lebih terukur, engagement (relasi) 2 arah yang lebih erat dengan pemirsa, demografi pemirsa yang bisa disegmentasikan, dan tarif yang relatif lebih efektif dan efisien