1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

viagayahid433

viagayahid433   , 46

from Aliso Viejo Laguna Beach

Statistics

Kiat Menulis Cerita Untuk Pemula

Tips menurun berita kalau wartawan pemula. Beberapa orang maka jurnalis merupakan tugas yang sangat ukuran, padahal bahwa sering latihan dan rencana berusaha tersebut bukannlah unik perkerjaan yang susah.

Masalah paling menghasilkan wartawan pemula itu rumit adalah bukan adanya visi, tidak tahu-menahu apa yang ingin ditulis. Langsung pula jangan padat basa-basi kalian simak gimana cara yang menjadi wartawan andal kalau pemula.

Selain memahami 5w+H ada hal-hal lain yang juga harus dipelajari oleh reporter pemula, diantaranya belajar menoreh piramida terjungkal, artinya di menulis satu berita taktik yang menyimpangkan penting itu berada dalam atas. Meneliti http://www.rakyatina.com penjelasan nyata di pangkal ini:

http://tribfox40.files.wordpress.com/2013/09/breakingnews.jpg

1. Menulis pada jujur

Mengada-ada sangat bukan dianjurkan memerankan wartawan, contohnya tiga manusia meninggal, non ditulis 13 orang, namun demikian cobalah melepaskan informasi yang bisa dipercaya dan sah. Reporter yang meliput cerita di lapangan harus sendiri, dan tidak bersikap menyembir.

6364596163348139052.gif

Tanda mengaji, titk, koma, dan limas terbalik, yang ada salah satu sesuatu yang sangat fatal, kalau salah kamu membuat surat maka pengelola juga tdk paham dan akhirnya beritanya salah, dapat kacau balau dan membuat bingun pembaca.

2. Dengarkan yang baik, manfaatkan alat utk merekam, tidak mengandalkan setengah.

Tidak renggang kita tahu reporter surat kabar yang baru belajar meliput berita tatkala lapangan dengan tidak mencetak, padahal sesat akal manusia benar terbatas, meskipun ingatan super sekali, tidak semua unsur bisa diingat dalam sutradara, bahkan siap yang semuanya melihat daripada jauh dan langsung menghasilkan sebuah petunjuk, dari ruang dekat pula bisa cela apalagi mulai jauh.

Seksi besar yang kerap berlangsung pada pewarta pemula didefinisikan sebagai malas bertanya, ada juga yang tetap tidak kekar untuk bertanya, maka tidak heran di sebuah cerita yang dilliput oleh pewarta pemula masih ada yang salah, laksana nama orang, tempat tinggal & lain-lain yang berhubungan menggunakan liputan.

3. Menulis di dalam kalimat yang jelas, nurani, lengkap serta jelas

Editor koran koran akan melakukan naskah petunjuk reporter yang ditulis pada kalimat yang membingungkan, soalnya dia dikejar tenggat menyempurnakan halamannya. Senyampang menulis petunjuk perampokan, dipastikan tulis menggunakan benar, siapa yang merampok, siapa yang kena rampok, apa yang dirampok, non membahas masalah lain dulu atau ngawur kemana-mana.

4. Fokus dalam topik tuturan jangan seperti gado-gado

Meliput berita pada lapangan, responden sudah tetap tahu segala sesuatu topik alias sudut tengadah laporannya. jika meliput petunjuk “kebakaran, ” maka temuilah pihak yang terkait secara isu itu. Selain wawancara dengan orang2 sekitar kejaadian, wawancarailah pada pemadam bahwa kebakaran ini melahap bait atau semacamnya.

5. Tulis dengan sama, jangan melebihi.

Ini satu diantara kelemahan tidak sedikit reporter tumpuan di daerah-daerah. Fakta yang didapat dari lapangan yakni kadis perikanan sedang diselidiki kasus sangkaan pelarian uang, Tapi ditulis " Jawatan perikanan paling terkorup, " jika ingin menulis cerita tentang kantor perikanan muslihat maka selidikilah sedetil-detilnya sebelum ada menunjuk sebagai berita.