1. Welcome to kiwibox

    We're happy that you are part of our community. Please take a few minutes discover how kiwibox works.

    You want to explore kiwibox on your own? No problem. You can easily restart the tour at any time by using the sidebar if you change your mind.

  2. Logo

    A click on the kiwibox Logo brings you back to the startpage. Besides a menue with a lot of useful links opens if you mouse over.

  3. Notifications

    You may find all of your news, friendship requests and messages up right in the navigation bar.

  4. Settings

    Just mouse over a post and the gearwheel will appear. Here you'll find all the settings for your news.

  5. Supermodul

    The supermodul summarizes various contents. Enjoy exploring!

vipmajalahspot

vipmajalahspot   , 24

from North Brookfield

Statistics

Cerita Singkat Demokrasi Di Indonesia

Setiap bangsa pasti mempunyai sejarahnya tersendiri untuk bermacam ragam metode yang sedang berjalan pada ketika ini seperti yang terjadi di Indonesia. Salah satu hal yang seharusnya menjadi perhatian kita yakni mengenai sejarah demokrasi Indonesia. Dengan mengenal sejarah hal yang demikian tentu kita bisa mengetahui perjalanan demokrasi Indonesia sampai saat ini.

Sejarah mengenai demokrasi ini terbagi menjadi empat jangka waktu dan periode pertama yaitu pada tahun 1945-1959. Pada periode hal yang demikian biasa kita kenal dengan Demokrasi Parlementer yang mana demokrasi ini berjalan setelah kemerdekaan. Tapi seiring berjalannya waktu sistem yang satu ini tidak sanggup berjalan baik di Indonesia karena kita kurang kapabel dalam melaksanakan demokrasi ala barat ini.

6575411671441558476.jpg

Kemudian jangka waktu kedua dalam sejarah demokrasi Indonesia terjadi pada tahun 1959-1965 yang kita ketahui dengan nama Demokrasi Terpimpin. Pada periode ini ditandai dengan adanya dominasi kekuasaan dari presiden dan adanya pengaruh komunis. Puncak dari dilema periode ini adalah pengangkatan Soekarno menjadi seorang presiden seumur hidup yang menimbulkan berbagai macam keadaan sulit sehingga demokrasi ini sepatutnya berakhir pada tahun 1965.

Demokrasi jangka waktu ketiga ini berlangsung cukup lama yakni mulai dari tahun 1965-1998 di bawah kepemimpinan Soeharto dan lebih diketahui dengan sebutan Orde Baru dengan mengaplikasikan Demokrasi Pancasila. Melainkan dalam pengerjaan demokrasi ini betul-betul disayangkan jauh dari poin-poin Pancasila yang harusnya digunakan dalam demokrasi tersebut. Bahkan dalam proses demokrasi tersebut nilai-poin demokrasi yang harusnya diungkapkan menjadi tak ada dalam pengerjaannya dan cuma sebagai format formalitas saja.

Kemudian pada jangka waktu keempat yaitu sesudah era orde baru hingga ketika ini atau yang umum disebut dengan era reformasi. Pada periode ini masyarakat lebih menuntut adanya pengerjaan demokrasi dan juga adanya HAM yang berjalan secara konsekuen sehingga tak merugikan masyarakat lagi seperti pada era orde baru. Jadi itulah sedikit kabar mengenai sejarah demokrasi Indonesia secara singkat. Semoga saja demokrasi yang sedang berjalan ketika ini telah lebih bagus sehingga sama-sama menguntungkan baik bagi pemerintah maupun kita sebagai Sejarah singkat masyarakat.